Berita

Pengamatan Tanggal 26 Juli 2014

diposting oleh Suhartono | Minggu, 27 Juli 2014 | 08:07:28 | dibaca 3789

Tim Hilal Pondok Bali, Pamanukan, Subang terdiri dari Tim Kominfo dan Tim Lapan. Tim Kominfo tiba di Desa Mayangan pada pkl. 10:00 WIB langsung bertemu dengan Lurah Desa Mayangan Bapak Haerudin dan melaporkan maksud dan tujuan tentang kegiatan Pengamatan Hilal Syawal 1435H di Pondok Bali yang akan dilaksanakan pada tanggal 26-27 Juli 2014. Tim Kominfo menjelaskan kegiatan pengamatan hilal sambil menyerahkan leaflat Pengamatan Hilal 1435H.

Sekitar pkl 10:30 selesai bertemu dengan Lurah Bapak Haerudin melanjutkan perjalanan menuju Pondok Bali dan mengambil posisi di menara Pondok Bali sebagai tempat untuk melakaukan pengamatan. Kondisi lokasi pengamatan sejak pagi sampai siang udara cerah, konsentrasi awan belum banyak.

Tim Hilal Pondok Bali meminta bantuan warga setempat yang kebetulan lokasinya dekat dengan Menara Pondok Bali untuk menggunakan listrik selama kegiatan pengamatan pada tanggal 26-27 Juli 2014 dan bermarkas di Kedai Bapak Rosita.

Setelah Sholat Ashar Tim Hilal mulai memasang perangkat  pengamatan, yaitu menggunakan teleskop pengamatan Refraktor William Optics 4 inci dengan mounting Vixen Atlux Equatorial Mount. Teleskop dihubungkan ke Laptop Tim Lapan dengan menggunakan aplikasi Splitcam untuk melakukan pengamatan hilal, sedang Tim Kominfo menggunakan laptop yang dilengkapi webcam dengan aplikasi splitcam untuk melakukan panoramic capture dan live streaming ke website hilal.kominfo.go.id menggunakan aplikasi Adobe Flash Media Live Encoder 3.2.

Kondisi awan di langit pengamatan makin tebal dan saat menjelang maghrib mulai pk 17:40 WIB  arah terbenamnya matahari awan semakin rata menutupi dan matahari terbenam dibalik awan hingga malam menjelang dan adzhan maghrib dikumandangkan pkl 17:52 WIB. (suhartono, Kominfo)

 

 

Berita Terkait:
Tidak ada berita terkait;